Senin, 19 September 2011

Perkembangan Radiologi

Perlu diketahui radilogi adalah salah satu cabang dari ilmu kedokteran yang lebih spuesifik lagi untuk melihat bagian tubuh manusia tentunya bagian dalam lah,, menggunakan radiasi gelombang,yaitu gelombang elektromagnetik namun bisa juga menggunakan gelombang mekanik. Awal mulanya frekuensi yang digunakan hanya menggunakan sinar X tetapi dalam kemajuannya para ahli dalalm bidang ini menggunakan pemindaian (scanning) gelombang tinggi ultrasonic ya kaya kelelawar aja hehe tapi bener kok hanya ada beberapa hewan saja yang bisa mendeteksi gelombang ultrasonic seperti kelelawar dan ikan hiu..na gelombang ultrasonic yang digunakan seperni USG(ultrashonography) tu lo alat yang digunakan untuk meliha cabang bayi yang masih dalam kandungan, ditempelkan ke perut terus keluar tu scanning video bayi  ke monoitor, dengan alat ini kita juga bisa mengindentifikasi kelamin janin dan perkembangan organ-organ tubuhnya. 

Contoh lain penggunaan ultrasonic yaitu MRI(Magnetic Resonance Imaging) ya indonesianya ya pencintraan resonansi magnetik, merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menghasilkan gambar organ dalam pada organisme hidup dan juga untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi. Biasa digunakan untuk menggambarkan secara patologi atau perubahan fisiologi otot hidup dan juga memperkirakan ketelusan batu kepada hidrokarbon. ya itulah sekilas tentang ilmu radiologi intinya bahasa ndesanya ilmu untuk melihat sesuatu yang dhohir(masih dhohir ni kalau batin entar ilmunya beda lagi hehe...) mahluk tetapi yang kita tidak bisa melihatnya secara langsung, na kemudian diciptakan berbagaialat seperti disebutkan diatas.

Kalau sejarah asal muasal dari ilmu radilogi sendiri itu  penemunaya namanya Prof. Willem Conrad Roentgen pada penghujung tahun 1895 makanya kata  roentgen diambil untuk menghormati sang penemu kalau kita ma taunya rongsen hehehe.. 
Untuk lebih memperdalam lagi  ilmu tentan radiologi bisa kunjungi web ini
http://www.learningradiology.com/
http://portalradiografi.web.id/
http://radiology.rsna.org/


source: dari berbagai sumber bacaan , web : id.wikipedia.org, en.wikipedia.org, portalradiografi.web.id







0 komentar:

Posting Komentar